Menu Tutup

Inilah Tujuh Cara Mencegah Diabetes Secara Alami

Cara Mencegah Diabetes secara Alami

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus penyakit diabetes meningkat dengan cepat. Gaya hidup tidak sehat menjadi pemicu utama penyakit yang satu ini. Sebelum terlambat, berikut tujuh cara mencegah diabetes secara alami:

1. Berolahraga

Berolahraga bagi sebagian orang merupakan kegiatan yang sulit dilakukan. Alasan utama biasanya karena rutinitas pekerjaan yang memakan waktu sehingga tidak sempat melakukan olah raga. Alasan lainnya adalah karena memang tidak menyukai olah raga.

Padahal, berolahraga secara rutin setiap hari dapat membantu menjaga berat badan, menjaga kadar gula darah, serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal dan stabil, direkomendasikan melakukan olah raga minimal 30 menit sehari.

2. Mengurangi porsi makan

Jika porsi makan Anda selama ini terasa berlebih, mulai sekarang coba untuk menguranginya. Memang tidak mudah, tetapi dengan niat yang kuat untuk menjaga kesehatan, khususnya menjaga kadar gula darah tetap normal, pasti akan berhasil.

3. Menghindari makanan berlemak

Anda suka gorengan? Mulai sekarang saatnya untuk berpikir ulang mengonsumsi dalam kadar yang banyak makanan yang satu ini.

Lemak jenuh yang tinggi umumnya tedapat pada gorengan. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat memengaruhi tingkat gula darah dalam tubuh.

Karena itu, kurangi makan gorengan, jika perlu hindari.

4. Menghindari minuman manis

Minuman manis, apapun sumber pemanisnya (kecuali buah-buahan) dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Semua minuman berpemanis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah Anda. Jadi, mulailah dari sekarang menghindari minuman manis.

5. Mengonsumsi sayuran

Jika selama ini Anda tidak suka mengonsumsi sayuran, mulailah dari sekarang Anda menyukainya. Mengonsumsi sayuran setiap hari, dapat membantu Anda mencegah diabetes.

6. Menghindari stres

Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Jadi, kurangi tingkat stres dengan cara apapun yang Anda sukai, seperti meditasi atau latihan pernapasan.

7. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tingkat insulin dalam tubuh, dan dapat menyebabkan gula darah tidak seimbang. So, biasakanlah tidur malam minimal enam jam.

Itulah tujuh cara mencegah diabetes secara alami yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Bagikan yuk!
Posted in Info