Menu Tutup

Kaya dari Ngeblog, Apakah Bisa?

Kaya dari Ngeblog, Apakah Bisa?

Kaya dari Ngeblog, Apakah Bisa – Tulisan ini saya buat karena tidak sedikit orang yang sering melontarkan pertanyaan seperti itu kepada saya. Mungkin ada juga yang bergumam dalam hati, apakah bisa, aktivitas ngeblog dapat membuat seseorang menjadi kaya.

Oke, sebelum kita bahas lebih jauh, kita kenali dulu apa itu ngeblog, karena mungkin ada pembaca yang masih asing dengan istilah yang satu ini. Blog merupakan singkatan dari kata web log, yakni aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang diunggah pada laman web. Ngeblog adalah kegiatan mengelola blog, sedangkan orang yang mengelola blog disebut sebagai blogger.

Media blog dipopulerkan pertama kali oleh blogger.com milik Pyra Labs yang kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejak itu, berkembang aplikasi lain yang bisa digunakan sebagai media para penulis, sebut saja WordPress dan lainnya.

Kembali ke judul di atas, kaya dari ngeblog apakah bisa? Jawabannya adalah bisa. Lantas, siapa saja orang yang bisa kaya dari ngeblog? Dikutip dari laman liputan6.com, berikut blogger-blogger dunia yang berhasil memperoleh pendapatan yang besar dari kegiatan ngeblog mereka.

1. Michael Arington

Michael Arrington adalah adalah pemilik dari blog terkenal Techcrunchlcom. Pendapatan yang dihasilkan oleh pria yang satu ini dari blognya adalah US$ 700 ribu atau Rp 9,1 miliar per bulan.

2. Pete Cashmore

Orang yang kaya dari ngeblog berikutnya adalah Pete Cashmore. Pete adalah pemilik dari blog mashable.com. Pria ini juga memiliki pengikut lebih dari 1,8 juta orang di twitter. Pete berhasil mendapatkan penghasilan hingga US$ 500 ribu atau setara dengan Rp 6,5 miliar per bulan.

3. Perez Hilton

Pria yang satu ini dikenal sebagai seorang blogger paling berpengaruh di dunia. Blog yang dia miliki berisi tentang berita seputar selebriti dan kabar yang berkembang di Hollywood. Perez Hilton berhasil memperoleh lebih dari US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar per bulan.

Di atas, adalah para blogger mancanegara yang mampu mendapatkan penghasilan yang besar setiap bulannya. Lalu, siapa blogger dari Indonesia yang telah berhasil meraih penghasilan besar dari aktivitas ngeblognya? Dikutip dari laman Jurnalgarut, berikut daftar blogger Indonesia yang berpenghasilan besar.

1. Yosef Ardi

Yosef Ardi adalah pria asal Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengawali kariernya sebagai wartawan di harian Bisnis Indonesia. Mantan wartawan ini berhasil meraih penghasilan sekitar US$ 560 ribu sampai US$ 600 ribu.

2. Asri Tadda

Asri Tadda, adalah pria asal Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu blogger kaya di Indonesia. Tadda memulai ngeblog sejak tahun 2005. Pemilik blog Asritadda.com ini berlatar belakang kedokteran dan memulai ngeblog dengan berisi konten-konten seputar ilmu yang dikuasainya, yakni kesehatan. Setelah itu, Tadda mulai mengelola banyak blog hingga berhasil meraih penghasilan sekitar 200 juta per bulan. Saat ini Asri Tadda mendirikan AstaMedia Blogging School.

Apakah hanya dua? Tidak, karena masih banyak blogger lain di Indonesia yang juga berhasil meraih penghasilan tidak sedikit dari aktivitas ngeblognya.

Sumber Pendapatan Blog

Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana caranya para blogger ini mendapatkan uang dari kegiatan ngeblognya? Ada beberapa sumber pendapatan yang umum digunakan oleh blogger. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Memasang Iklan pada Blog

Menampilkan iklan pada blog adalah salah satu sumber pendapatan yang umum. Blogger dapat bekerja dengan jaringan periklanan seperti Google AdSense, di mana iklan yang relevan ditampilkan pada blog mereka. Blogger juga dapat menjual ruang iklan secara langsung kepada perusahaan atau pengiklan tertentu.

2. Review Produk

Sebenarnya ini mirip dengan poin yang pertama. Alurnya adalah pemilik produk atau jasa meminta kepada blogger untuk mengulas produk atau jasa yang dimiliki di blog pribadi blogger tersebut.

3. Content Placement

Content placement atau pemasangan konten juga menjadi salah satu sumber penghasilan para pemilik blog. Berbeda dengan review produk, pada content placement, artikel sepenuhnya dibuat oleh pihak pemasang, dan blogger mendapatkan upah dari link yang disisipkan dan diarahkan ke website atau blog pemasang.

4. Program Pemasaran Afiliasi

Mengikuti program pemasaran afiliasi saat ini telah dilakukan oleh banyak blogger. Sederhananya adalah menjual produk atau jasa pihak lain melalui link afiliasi yang ditempatkan pada blog. Jika seorang blogger mampu melakukan penjualan produk atau jasa melalui link yang ditempatkan pada blognya, maka ia akan mendapatkan komisi atau fee. Program afiliasi populer termasuk Amazon Associates, Commission Junction, dan ShareASale. Selengkapnya tentang program afiliasi, bisa Anda baca pada artikel berikut: Blog dan Pemasaran Afiliasi, atau Memilih Jenis Pemasaran Afiliasi Terbaik.

5. Produk Informasi

Banyak blogger menghasilkan pendapatan dengan menjual produk informasi seperti e-book, panduan, kursus online, atau webinar. Mereka menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka untuk membuat konten berharga yang bisa dibeli oleh audiens mereka.

6. Jasa Konsultasi atau Penulisan

Blogger yang memiliki keahlian khusus atau pengalaman dalam bidang tertentu dapat menawarkan jasa konsultasi, penulisan konten, atau pelatihan kepada klien atau perusahaan.

7. Donasi

Beberapa blogger mengandalkan dukungan langsung dari penggemar mereka melalui platform donasi seperti Patreon. Penggemar dapat memberikan kontribusi kecil secara rutin sebagai dukungan terhadap konten yang disukai.

Itulah sumber-sumber pendapatan yang bisa membuat orang memperoleh penghasilan besar dari blog. Penting untuk dicatat bahwa setiap blogger mungkin memiliki kombinasi yang berbeda dari sumber pendapatan ini, dan keberhasilan pendapatan blog tergantung pada faktor seperti ukuran audiens, kualitas konten, dan kemampuan pemasaran. Anda tertarik?

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *