Menu Tutup

Memilih Jenis Pemasaran Afiliasi yang Terbaik

Memilih Jenis Pemasaran Afiliasi

Memilih Jenis Pemasaran Afiliasi yang Terbaik – Program pemasaran afiliasi saat ini semakin populer. Mengapa? Ada sejumlah alasan. Alasan yang paling kuat adalah kenyataan bahwa manfaat pemasaran afiliasi saat ini telah menjadi lebih jelas bagi banyak orang daripada sebelumnya.

Hari ini, baik pedagang dan pemasar afiliasi dapat melihat dengan jelas bahwa pemasaran afiliasi dapat bekerja untuk kedua belah pihak. Pedagang melihat pemasaran afiliasi hari ini sebagai kesempatan untuk mengiklankan produk mereka dengan biaya yang relatif rendah. Pemasar afiliasi, di sisi lain, melihat pemasaran afiliasi sebagai cara mudah untuk mendapatkan keuntungan online dengan melakukan apa yang paling mereka sukai, dan itu adalah dengan membuat situs web.

Pandangan orang tentang pemasaran afiliasi juga telah bergeser. Pemasaran afiliasi tidak lagi dianggap sebagai metode alternatif bagi pedagang untuk mengiklankan produknya, atau sebagai sumber pendapatan tambahan bagi afiliasi. Untuk pedagang dan pemasar afiliasi sama, afiliasi pemasaran sekarang dianggap sebagai sumber utama keuntungan dan pendapatan.

Lalu pertanyaannya sekarang adalah, apa jenis pemasaran afiliasi yang terbaik untuk dilakukan? Apakah semua program pemasaran afiliasi sama? Apakah manfaatnya sama? Atau apakah ada program pemasaran afiliasi yang bekerja lebih baik daripada yang lain?

Sebenarnya ada berbagai jenis atau kelas pemasaran afiliasi, dan jumlah jenis akan tergantung pada bagaimana seseorang akan mengklasifikasikannya. Program pemasaran afiliasi yang paling dasar, berada di bawah dua kategori: Pay Per Click (PPC), dan Pay Per Performance (PPP).

Jenis Pemasaran Afiliasi Pay Per Click (PPC)

PPC adalah pemasaran afiliasi yang paling populer untuk pemasar afiliasi dengan situs web kecil, dan mungkin cara termudah bagi mereka untuk mendapatkan uang.

Dalam pemasaran afiliasi ini, pedagang membayar afiliasinya setiap kali pengunjung dirujuk ke situsnya, yaitu setiap kali seseorang mengklik melalui banner milik pedagang atau iklan teks. Pemasar afiliasi dibayar dalam jumlah tertentu, bahkan jika pengunjung yang dia rujuk tidak membeli apapun dari situs pedagang. Namun, biaya khas untuk program afiliasi PPC kecil, biasanya tidak melebihi satu dolar untuk setiap klik.

Pay Per Performance (PPP)

PPP adalah yang paling populer di kalangan pedagang dan juga jenis yang paling menguntungkan bagi pemasar afiliasi. Dalam jenis program afiliasi ini, pedagang hanya membayar pemasar afiliasi setiap kali rujukannya dilanjutkan ke dalam tindakan, yaitu setiap kali pengunjung yang dia rujuk benar-benar membeli sesuatu dari situs pedagang. Pemasaran afiliasi dengan skema ini menjadi jenis yang paling menguntungkan bagi afiliasi khusus. Untuk komisi dalam pemasaran afiliasi PPP biasanya berkisar 10% hingga 20% dari penjualan produk.

Pemasaran afiliasi Pay Per Performance dapat diklasifikasikan lebih lanjut menjadi dua jenis populer: pay-per-sales (PPS) dan pay-per-lead (PPL).

Pay Per Sales (PPS)

Dalam pemasaran afiliasi Pay Per Sales, para pedagang membayar afiliasi biaya tertentu setiap kali pengunjung telah merujuk ke situs pedagang benar-benar membeli sesuatu dari situs pedagang. Pemasar afiliasi sering dibayar berdasarkan komisi, meskipun pedagang lain akan memilih untuk membayar biaya tetap. Tetapi tidak peduli apa dasar biayanya, umumnya lebih tinggi daripada biaya yang dibayarkan kepada afiliasi dalam program afiliasi bayar-per-klik.

Pay Per Lead (PPL)

Jenis pemasaran afiliasi pay per lead adalah variasi dari jenis PPS dan sering digunakan oleh perusahaan asuransi dan keuangan, atau perusahaan yang mengandalkan prospek bagi perusahaan mereka.

Dalam jenis pemasaran afiliasi ini, afiliasi dibayar setiap kali pengunjung yang dia rujuk ke situs perusahaan mengisi formulir aplikasi atau formulir serupa apapun yang terkait dengan bisnis perusahaan. Kompensasi untuk pemasaran afiliasi ini didasarkan pada biaya tetap yang tarifnya mendekati biaya tetap dalam jenis PPS.

Selain dari tiga jenis tertentu afiliasi pemasaran, banyak jenis pemasaran afiliasi lainnya. Jika klasifikasi didasarkan pada kedalaman jaringan afiliasi, dapat diklasifikasikan sebagai pemasaran afiliasi tingkat tunggal, dua tingkat, dan multi-tier.

Pemasaran Afiliasi Tingkat Tunggal

Pemasaran afiliasi ini didasarkan pada tingkat atau tingkatan yang berbeda dalam jaringan afiliasi tempat pembayaran dilakukan. Dalam program pemasaran afiliasi satu tingkat, afiliasi hanya dibayar berdasarkan penjualan langsung atau lalu lintas yang dia rujuk ke pedagang. Semua jenis yang disebutkan sebelumnya (yaitu PPS, PPL, dan PPC) berada di bawah klasifikasi tingkat tunggal.

Pemasaran Afiliasi Dua Tingkat

Dalam program pemasaran afiliasi dua tingkat, afiliasi tidak hanya dibayar untuk lalu lintas langsung atau penjualan yang ia rujuk ke situs pedagang, tetapi juga pada setiap lalu lintas atau penjualan yang dirujuk oleh berbagai afiliasi lain yang bergabung dengan program afiliasi melalui rekomendasinya.

Jenis Pemasaran Afiliasi Multi-tier

Pemasaran afiliasi multi-tier bekerja dengan cara yang sama, meskipun afiliasi mendapatkan komisi tambahan untuk jumlah afiliasi yang lebih luas di tingkatan yang berbeda dalam jaringan afiliasi.

Sisa Pendapatan Afiliasi Pemasaran

Dalam sisa pendapatan afiliasi pemasaran, afiliasi akan dibayar tidak hanya sekali untuk setiap pelanggan yang telah ia rujuk ke situs pedagang. Sebaliknya, afiliasi juga dibayar setiap kali pelanggan kembali ke situs dan membeli produk lain. Kompensasi untuk pemasaran afiliasi tersebut didasarkan pada komisi persentase penjualan atau dasar biaya tetap.

Lantas, jenis pemasaran afiliasi apa yang paling baik untuk Anda? Jawabanya tentu tergantung dengan minat dan skema yang Anda inginkan dalam berbisnis afiliasi.

Demikian artikel memilih jenis pemasaran yang afiliasi terbaik, semoga bermanfaat.

Baca Lainnya:

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *