Menu Tutup

Daftar Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Daftar Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Daftar Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia – Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan e-commerce di Indonesia terbilang pesat. Hal ini juga berbanding lurus dengan pengguna internet di tanah air yang semakin tinggi.

Begitu juga dengan marketplace, sebagai bagian dari e-commerce, telah mengalami perkembangan yang signifikan. Bahkan keberadaan marketplace ini, sedikit menggeser eksistensi pasar konvensional.

Diakui atau tidak, budaya belanja sebagian masyarakat telah bergeser ke sistem online, terlebih masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Faktor kesibukan, dan lalu-lintas kendaraan yang padat, membuat mereka lebih memilih berbelanja secara online, daripada harus datang ke toko atau pusat perbelanjaan konvensional.

Kepraktisan berbelanja online di marketplace juga menjadi daya tarik tersendiri. Hanya bermodalkan smartphone atau perangkat komputer dan jaringan internet, orang sudah bisa membeli produk-produk yang dibutuhkan, dari kebutuhan sekunder sampai kebutuhan primer.

Kondisi ini tentu menjadi peluang yang sangat baik untuk Anda yang berniat berjualan online.

Di Indonesia, ada banyak marketplace yang bermunculan. Dari semua marketplace, ada beberapa yang sudah sangat populer di masyarakat. Selain karena faktor publikasi, tentu ada faktor lain sehingga mereka banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari kelengkapan produk, alur belanja yang tidak sulit, sampai jaminan keamanan berbelanja.

Daftar Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Untuk Anda yang berniat berjualan online di marketplace, tentu harus mengetahui marketplace mana saja yang banyak pengunjungnya. Karena dengan pengunjung yang tinggi, maka potensi produk terjual menjadi semakin tinggi pula.

Mengutip dari laman Iprice.co.id, berikut daftar marketplace di Indonesia yang paling banyak pengunjungnya, pada Kuartal ke 4 tahun 2019:

1. Shopee

Shopee

Urutan pertama dengan jumlah pengunjung terbanyak di Indonesia, ditempati oleh Shopee. Marketplace ini mampu meraih kunjungan dari masyarakat Indonesia sebanyak 72.973.330 per bulan selama Kuartal-4 tahun 2019.

Shopee adalah sebuah platform e-commerce atau pasar online yang berbasis di Singapura. Shopee menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli secara online, yang mencakup berbagai produk mulai dari fashion, kosmetik, hingga produk makanan dan minuman.

Shopee beroperasi di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Taiwan. Shopee juga menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti layanan pengiriman dan pembayaran yang aman dan mudah digunakan.

2. Tokopedia

Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace Indonesia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009. Pada Kuartal-4 2019, marketplace ini mampu meraih kunjungan bulanan sebanyak 67.900.000.

Tokopedia memiliki misi untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan teknologi dan mengubah cara orang berbelanja dan berjualan secara online.

Selain sebagai pasar online, Tokopedia juga menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti Tokopedia Pay sebagai sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan, serta layanan pengiriman yang terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman ternama di Indonesia. Tokopedia juga telah berekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Vietnam dan Filipina, serta menawarkan berbagai fitur baru seperti Tokopedia Investasi dan Tokopedia Games.

3. Bukalapak

Marketplace Bukalapak

Marketplace Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky pada tahu 2010 ini, berada di posisi ketiga dengan 39.263.300 pengunjung bulanan pada Kuartal-4 tahun 2019.

Bukalapak menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli secara online, yang mencakup berbagai produk mulai dari fashion, kosmetik, hingga produk makanan dan minuman. Bukalapak memiliki misi untuk membuka akses dan mempermudah akses masyarakat Indonesia untuk berjualan dan berbelanja online.

Selain sebagai pasar online, Bukalapak juga menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti Bukalapak Pay sebagai sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan, serta layanan pengiriman yang terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman ternama di Indonesia. Bukalapak juga telah mengembangkan fitur baru seperti Bukamart sebagai layanan pembelian kebutuhan sehari-hari dan BukaReksa sebagai platform investasi yang mudah digunakan. Bukalapak telah berkembang dan menjadi salah satu unicorn dari Indonesia dengan nilai valuasi yang cukup tinggi.

4. Lazada Marketplace

Lazada

Lazada beroperasi di enam negara, masing-masing Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Kunjungan dari masyarakat Indonesia selama Kuartal-4 tahun 2019, sebanyak 28.383.300 per bulan.

Didirikan pada tahun 2012, Lazada menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli secara online, yang mencakup berbagai produk mulai dari fashion, kosmetik, hingga produk makanan dan minuman.

Lazada menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti Lazada Wallet sebagai sistem pembayaran yang aman dan mudah digunakan, serta layanan pengiriman yang terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman ternama di Asia Tenggara. Selain itu, Lazada juga memiliki fitur dan layanan seperti Lazada Express sebagai layanan pengiriman yang cepat dan efisien, dan LazMall sebagai platform khusus bagi merek-merek ternama yang dijual secara resmi oleh Lazada.

Pada tahun 2016, Alibaba Group membeli mayoritas saham Lazada, dan sejak itu Lazada semakin berkembang dengan dukungan teknologi dan sumber daya dari Alibaba Group.

5. Blibli

Daftar Marketplace yang Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Posisi selanjutnya adalah Blibli. Marketplace ini mampu mendapatkan kunjungan sebanyak 26.863.300 per bulan selama Kuartal-4 tahun 2019.

Didirikan pada tahun 2011, Blibli menyediakan platform bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli secara online, yang mencakup berbagai produk mulai dari fashion, elektronik, kosmetik, hingga produk makanan dan minuman.

Blibli menawarkan berbagai fitur dan layanan, seperti Blibli Rewards sebagai program loyalitas yang memberikan penghargaan kepada pelanggan setia, serta layanan pengiriman yang terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman ternama di Indonesia. Selain itu, Blibli juga menawarkan layanan purna jual seperti garansi dan retur barang yang mudah.

Blibli telah berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia dengan menawarkan berbagai produk dari merek-merek ternama. Blibli juga berfokus pada pengembangan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pengguna, seperti fitur pencarian visual dan fitur augmented reality untuk pengujian produk.

Itulah daftar marketplace yang paling banyak dikunjungi dalam rentang Kuartal-4 tahun 2019. Angka kunjungan marketplace tersebut tentu bisa bergeser dari waktu ke waktu.

Namun paling tidak, Anda sudah memiliki gambaran di marketplace mana saja akan berjualan online. Selain dilihat dari jumlah kunjungan, tentu ada faktor-faktor lain yang bisa Anda pertimbangkan, misalnya kemudahan registrasi, keamanan sistem, dan lainnya.

Demikian daftar marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Selamat berjualan online.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info