Menu Tutup

Mudah, Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia – Bisnis online belakangan semakin banyak diminati, menyusul tingginya pengguna internet di Indonesia. Salah satu bisnis online yang mudah dijalankan adalah dengan sistem dropshipping. Dengan sistem ini, seorang pedagang online tidak perlu memiliki stok produk untuk berjualan.

Selain tanpa harus memiliki stok produk, seorang dropshipper (orang yang berjualan dengan sistem dropshipping), juga tidak perlu direpotkan dengan proses pengiriman produk yang berhasil dijualnya. Pengemasan dan pengiriman produk kepada pembeli, dilakukan semua oleh pihak supplier atau pemasok.

Tidak hanya itu, pada kemasan produk yang dikirim ke pembeli, juga tercatat nama toko penjual milik dropshipper, sehingga pembeli tidak akan mengetahui bahwa produk tersebut sebenarnya dikirim oleh supplier.

Lantas, di mana kita bisa berjualan dengan sistem dropshipping? Di Indonesia, ada banyak marketplace sebagai bagian dari e-commerce yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut berbisnis dengan sistem dropshipping. Salah satu marketplace yang layak dicoba adalah Tokopedia.

Cara Menjadi Dropshipper di Tokopedia

Ada beberapa tahapan yang wajib dilakukan sebelum Anda benar-benar siap berjualan dengan sistem dropshipping di Tokopedia.

1. Menentukan Produk yang akan Dijual

Langkah awal yang wajib dilakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Tahapan ini tidak boleh dilakukan secara asal-asalan, karena akan menentukan laku-tidaknya produk yang akan Anda jual. Anda bisa memanfaatkan mesin pencari seperti Google untuk melihat produk apa yang paling diminati oleh masyarakat.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan produk apa yang paling laris dengan mengunjungi halaman beranda Tokopedia. Dengan melihat hot list, Anda bisa mengetahui produk apa yang paling laris dalam kurun waktu tertentu.

Saran saja, jangan memilih produk musiman yang hanya laku pada saat tertentu saja.

Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga hanya fokus pada satu jenis produk saja, misalnya produk pakaian, produk elektronik, produk makanan atau lainnya.

2. Memilih Supplier atau Pemasok

Setelah Anda berhasil menentukan produk apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah mencari supplier yang memiliki produk yang akan Anda jual. Pada tahapan ini, lakukan perbandingan antar-supplier, mana yang terbaik menurut Anda, dari sisi kualitas produk, harga, dan pelayanan.

3. Registrasi Akun di Tokopedia

Setelah Anda menentukan produk dan supplier yang tepat, langkah berikutnya adalah membuat akun di Tokopedia. Pada proses ini, isikan semua data diri Anda dengan benar, mulai dari nama lengkap, nomor handphone, dan alamat email yang valid. Setelah Anda selesai registrasi, jangan lupa untuk membuka email dan melakukan verifikasi pendaftaran dengan tombol aktivasi akun.

4. Membuat Toko di Tokopedia

Setelah Anda berhasil registrasi akun, langkah berikutnya adalah membuat toko. Isi semua kolom formulir yang ada, mulai dari nama toko, slogan serta deskripsi.

Langkah selanjutnya adalah metode pengiriman. Pada kolom ini, sesuaikan dengan metode pengiriman apa saja yang bisa dilakukan oleh supplier, karena proses pengiriman produk nantinya ditangani oleh supplier. Berikutnya adalah pilihan dukungan pembayaran.

Setelah semua kolom formulir diisi, selanjutnya klik buka toko untuk mengaktifkan. Sampai tahapan ini, Anda sudah berhasil membuat toko di Tokopedia.

5. Menambahkan Produk di Toko Online Anda

Anda sudah berhasil membuat toko online di Tokopedia. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menambahkan produk.

Untuk menambahkan produk, lakukan klik tombol tambahkan produk, kemudian isi deskripsi produk yang akan Anda jual, seperti nama produk, kategori, minimum pemesanan, harga, berat produk, gambar, dukungan asuransi, serta kondisi dan kebijakan pengembalian barang.

Setelah semua formulir diisi semua, berikutnya klik simpan. Sampai tahap ini, produk milik Anda sudah bisa dilihat oleh semua pengunjung Tokopedia.

Itulah, cara menjadi dropshipper di Tokopedia, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info