Menu Tutup

Motivasi: Pengertian, Fungsi dan Faktor yang Memengaruhi

Motivasi: Pengertian, Fungsi dan Faktor yang Memengaruhi

Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan.

Menurut jenisnya, motivasi dibagi menjadi dua, pertama adalah motivasi internal, yakni berasal dari dalam diri setiap individu, atau tumbuh dari dalam tanpa adanya pengaruh dari orang lain. Sedangkan yang kedua adalah motivasi eksternal, yaitu berasal dari luar individu itu sendiri. Artinya adalah, motivasi tersebut timbul akibat adanya rangsangan atau pengaruh dari orang lain, maupun hal yang berasal dari luar dirinya.

Fungsi dan Tujuan Motivasi

  1. Menentukan Langkah

Motivasi akan menuntun seseorang menentukan langkah dalam hidupnya. Baik seperti cita-cita yang akan dicapai, prestasi yang akan didapatkan maupun segala hal yang diinginkan.

Inilah yang akan menggerakkan seseorang untuk selalu melakukan hal-hal terbaik dalam hidupnya. Sehingga, ia juga dapat menentukan kesuksesan seseorang dalam hidup.

2. Menentukan Keputusan dan Tindakan

Dalam menjalani kehidupan, akan banyak tindakan-tindakan yang dilakukan, baik yang berisiko kecil maupun besar. Tujuan dan motivasi itu sendiri adalah untuk menentukan setiap tindakan yang dilakukan. Sudah tepat atau belum keputusan yang diambil, bagaimana dampak dan risiko di kemudian hari, semua itu tergantung motivasi yang ada di dalam diri seseorang.

3. Menyeleksi Perbuatan

Melalui motivasi, seseorang akan bisa menentukan bermacam perbuatan yang perlu dan tidak perlu. Artinya, seseorang akan mampu menentukan apakah perbuatan yang dilakukan akan memberikan hasil baik ke depannya.

Faktor-faktor yang Memengaruhi

Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi motivasi:

Faktor Pemuas

Faktor pemuas atau juga disebut dengan satisfier adalah faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Oleh sebab itu faktor pemuas juga bisa disebut sebagai instrinsic motivation.

Faktor pemuas tersebut akan mendorong setiap individu untuk selalu mendapatkan sebuah prestasi. Prestasi tersebut yang akan memberikan rasa puas tersendiri.

Adapun hal-hal yang dapat memengaruhi faktor pemuas adalah sebagai berikut:

a. Achievement

Achievement atau prestasi akan menjadi dorongan utama seseorang untuk bersemangat dalam bekerja. Ia akan memberikan kinerja yang baik, selalu melakukan inovasi serta memberikan hasil yang memuaskan, sehingga mampu mencapai prestasi.

b. Responsibility

Responsibility atau tanggung jawab. Setiap individu memiliki rasa tanggung jawab pada dirinya. Rasa tanggung jawab inilah yang dapat mendorong individu untuk melakukan pekerjaannya dengan baik.

c. Kepuasan Kerja

Kepuasan kerja adalah tanggapan emosional terhadap situasi kerja dan setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan kerja yang berbeda-beda. Sehingga dalam pencapaian kepuasan kerja, individu dituntut untuk mampu berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, serta mematuhi peraturan yang berlaku.

Faktor Pemelihara

Faktor pemelihara berasal dari luar individu sehingga bisa dikatakan sebagai extrinsic motivation. Ekstrinsik (eksternal) motivasi dipengaruhi oleh individu lain atau hal lain yang ada di luar individu tersebut.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Course

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *