Menu Tutup

Cara Memindahkan Blog Berbasis WordPress ke Layanan Hosting Baru

Cara Memindahkan Blog Berbasis Wordpress ke Layanan Hosting Baru

Cara Memindahkan Blog Berbasis WordPress ke Layanan Hosting Baru – Beberapa hari yang lalu saya terpaksa memindahkan salah satu blog saya dari hosting lama ke hosting yang baru. Ada alasan kenapa saya pindah layanan hosting, tetapi tidak akan saya jelaskan di sini.

Bagi Anda yang sudah lama mengelola blog, mungkin hal ini bukan pekerjaan yang sulit. Namun bagi pemula, memindahkan blog dari layanan hosting yang satu ke layanan yang lain bisa jadi hal yang tidak mudah.

Baik, pada tulisan kali ini, akan disampaikan cara memindahkan blog dari hosting lama ke hosting baru.

Backup di Hosting Lama (WP Content dan Database)

Untuk memulainya, terlebih dahulu Anda melakukan backup di hosting lama. Anda tidak perlu membackup seluruh file dan folder, tetapi cukup folfer wp-content dan database.

Untuk backup wp-content, masuk ke file manager, lalu pilih folder blog Anda (jika memiliki banyak blog/website dalam satu hosting). Setelah itu klik kanan pada folder wp-content, terus pilih compress. Nah hasil compress berupa file zip ini kemudian didownload untuk disimpan pada komputer.

Setelah wp-content berhasil dibackup, kemudian lakukan backup pada database. Caranya adalah, pada halaman CPanel, Anda klik menu PHPMyAdmin. Setelah itu klik database blog yang akan dibackup. Kemudian klik menu export, lalu klik go/kirim. File hasil backup database ini berekstensi sql.

Sampai tahap ini Anda sudah berhasil membackup wp-content dan database.

Menyiapkan Hosting Baru

Saya asumsikan Anda sudah memiliki hosting baru. Langkahnya adalah, instal wordpress pada hosting baru tersebut. Setelah wordpress selesai diinstal, masuk ke menu file manager dan hapus folder wp-content pada hosting baru Anda.

Setelah itu, upload file hasil download file kompresi wp-content sebelumnya ke hosting yang baru. Kemudian lakukan ekstrak pada file tersebut. Sekarang Anda sudah memiliki folder wp-content dari hasil backup hosting lama.

Berikutnya Anda klik PHPMyAdmin di CPanel hosting baru. Pilih database dari wordpress yang baru diinstal. Ceklis semua tabel, lalu hapus.

Selanjutnya adalah klik menu impor, lalu klik menu pilih file untuk diimport, yakni file berekstensi sql yang sebelumnya sudah Anda simpan di komputer.

Edit File WP-Config.php

Setelah Anda berhasil memindahkan wp-content dan database ke hosting yang baru, langkah selanjutnya adalah mengedit file wp-config.php yang ada di root hosting baru. Caranya buka file manager dari CPanel, lalu cari file wp-config.php dan klik edit.

Carilah wordpress table prefix yang biasanya berisi wp_. Ubah table prefix ini sesuai dengan table prefix wordpress dari database. Untuk mengetahui kode table prefix, buka database, di sana Anda akan melihat nama tabel (nama_). Lalu save file wp-config.php yang sudah Anda edit tersebut.

Jika Anda tidak melakukan kesalahan dalam semua proses di atas, maka blog Anda sudah berhasil diakses pada hosting yang baru. Demikian Cara Memindahkan Blog Berbasis WordPress ke Layanan Hosting Baru. Selamat mencoba.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *