Menu Tutup

Mengenal Fraksi Harga Saham: Dasar-dasar dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Mengenal Fraksi Harga Saham

sarno.id – Pasar saham, tempat di mana investor membeli dan menjual saham, memiliki terminologi khusus yang kadang-kadang membingungkan. Salah satu konsep yang sering dijumpai adalah fraksi harga saham.

Bagi investor, memahami dan mengenal fraksi harga saham sangat penting. Hal ini karena dapat memengaruhi strategi perdagangan dan keputusan investasi.

Investor perlu mempertimbangkan fraksi harga saham ketika menentukan seberapa besar investasi yang ingin mereka lakukan atau ketika mereka melakukan perdagangan saham secara aktif.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan lengkap apa itu fraksi harga saham dan bagaimana mekanismenya bekerja.

Definisi Fraksi Harga Saham

Fraksi harga saham merupakan sistem yang berperan sebagai pedoman negosiasi atau tawar-menawar dalam perdagangan saham. Sistem ini menentukan besaran perubahan harga saham minimum yang bisa ditawar oleh investor ketika ingin membelinya. Penetapan fraksi ini bertujuan untuk menjaga stabilitas pasar dan mencegah fluktuasi harga saham yang tidak wajar.

Fraksi harga saham mengacu pada perubahan harga minimum yang dapat terjadi pada sebuah saham. Ini sebenarnya adalah pecahan dari mata uang setempat dan menjadi penentu minimum dari perubahan harga yang dapat terjadi pada suatu saham.

Misalnya, jika fraksi harga saham adalah 0,01, maka perubahan harga terkecil yang mungkin adalah sebesar 0,01 dari mata uang setempat.

Baca juga: Membongkar Rahasia Trading Sukses, Panduan Lengkap Analisis Teknikal dan Fundamental

Fungsi Fraksi Harga Saham

Fraksi harga saham memiliki peran penting dalam menjaga likuiditas pasar saham. Dengan adanya fraksi harga, investor dapat membeli atau menjual saham dalam ukuran yang lebih kecil, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Ini memungkinkan partisipasi lebih luas dari berbagai jenis investor, baik yang memiliki modal besar maupun yang lebih terbatas.

Fraksi harga saham memiliki beberapa fungsi penting dalam perdagangan saham, di antaranya:

  • Menciptakan Pasar yang Teratur dan Efisien: Fraksi harga membantu menciptakan pasar yang teratur dan efisien dengan membatasi perubahan harga saham yang berlebihan. Hal ini memberikan kepastian bagi investor dalam melakukan transaksi dan membantu menjaga stabilitas pasar.
  • Mencegah Manipulasi Pasar: Penetapan fraksi harga dapat membantu mencegah manipulasi pasar oleh pihak-pihak tertentu. Dengan adanya batasan perubahan harga, investor terhindar dari praktik manipulasi harga yang dapat merugikan mereka.
  • Meningkatkan Likuiditas Pasar: Fraksi harga membantu meningkatkan likuiditas pasar dengan mendorong investor untuk lebih aktif dalam melakukan transaksi. Investor merasa lebih aman dan terhindar dari fluktuasi harga yang tidak wajar, sehingga mereka lebih berani untuk membeli dan menjual saham.

Baca juga: Investasi Jangka Panjang vs Jangka Pendek, Mana yang Tepat untuk Anda?

Cara Kerja Fraksi Harga Saham

Fraksi harga saham bekerja sebagai batas minimum perubahan harga yang dapat terjadi pada suatu saham. Ini dipengaruhi oleh aturan bursa dan otoritas pengatur keuangan. Saat sebuah saham diperdagangkan, perubahan harga yang terjadi harus sesuai dengan fraksi harga yang berlaku di bursa tempat saham tersebut terdaftar.

Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menetapkan lima kelompok fraksi harga saham, yaitu:

  • Fraksi Rp 1: Untuk saham dengan harga kurang dari Rp 200 per lembar.
  • Fraksi Rp 2: Untuk saham dengan harga Rp 200 – Rp 500 per lembar.
  • Fraksi Rp 5: Untuk saham dengan harga Rp 500 – Rp 2.000 per lembar.
  • Fraksi Rp 10: Untuk saham dengan harga Rp 2.000 – Rp 5.000 per lembar.
  • Fraksi Rp 25: Untuk saham dengan harga di atas Rp 5.000 per lembar.

Setiap fraksi memiliki batasan perubahan harga minimum yang berbeda-beda. Berikut adalah tabel yang menunjukkan batasan perubahan harga minimum untuk setiap fraksi:

Fraksi Batasan Perubahan Harga Minimum
Rp 1 Rp 1
Rp 2 Rp 2
Rp 5 Rp 5
Rp 10 Rp 10
Rp 25 Rp 25

Sebagai contoh, jika harga saham saat ini adalah Rp 1.000 per lembar (termasuk dalam fraksi Rp 10), maka investor hanya dapat menawar untuk membeli saham tersebut dengan harga minimum Rp 1.010 per lembar.

Manfaat Memahami Fraksi Harga Saham

Memahami fraksi harga saham memiliki beberapa manfaat bagi investor, di antaranya:

  • Membantu Investor Membuat Keputusan Transaksi yang Tepat: Dengan mengetahui batasan perubahan harga minimum, investor dapat membuat keputusan transaksi yang lebih tepat dan terukur.
  • Mencegah Kerugian: Fraksi harga membantu investor terhindar dari kerugian akibat fluktuasi harga yang tidak wajar.
  • Meningkatkan Pemahaman tentang Pasar Saham: Memahami fraksi harga membantu investor meningkatkan pemahaman tentang cara kerja pasar saham dan meningkatkan kepercayaan diri dalam melakukan transaksi.

Kesimpulan: Dalam mengarungi dunia pasar saham, pemahaman tentang fraksi harga saham adalah kunci untuk mengambil keputusan investasi yang cerdas.

Artikel ini telah membahas definisi, fungsi, dan cara kerja fraksi harga saham, serta pentingnya bagi para investor. Dengan memahami konsep ini, diharapkan para investor dapat lebih percaya diri dan cerdas dalam mengelola portofolio mereka.

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *