Menu Tutup

Cara Mudah Bayar Pajak STNK Online 2024 Melalui Aplikasi SIGNAL

Cara Mudah Bayar Pajak STNK Online 2024 Melalui Aplikasi SIGNAL

sarno.id – Pelajari cara mudah dan praktis untuk membayar pajak STNK kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi SIGNAL. Dengan langkah-langkah yang terperinci, artikel ini menjelaskan proses pendaftaran kendaraan dan pembayaran pajak menggunakan aplikasi tersebut. Temukan cara yang efisien dan cepat untuk memenuhi kewajiban pajak Anda.

Dalam era digital yang semakin maju, proses administrasi pajak kendaraan bermotor menjadi lebih mudah berkat adanya layanan pembayaran online. Salah satu aplikasi yang menyediakan kemudahan ini adalah SIGNAL, aplikasi Samsat digital nasional.

Melalui aplikasi ini, pemilik kendaraan dapat membayar pajak STNK secara online tanpa harus mengunjungi Kantor Samsat setempat. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendaftarkan kendaraan dan membayar pajak STNK secara online melalui aplikasi SIGNAL.

Cara Mendaftarkan Kendaraan Melalui Aplikasi SIGNAL

Sebelum membayar pajak kendaraan bermotor, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan kendaraan dalam aplikasi SIGNAL. Bagi kendaraan yang terdaftar atas nama Anda sendiri, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi SIGNAL yang telah Anda unduh pada perangkat smartphone Anda melalui Google Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS).
  2. Lakukan proses pendaftaran dengan mengikuti petunjuk yang ada pada aplikasi. Siapkan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, dan informasi lain yang diminta.
  3. Setelah proses pendaftaran selesai, pilih opsi “Tambah Data Kendaraan Bermotor” dalam menu aplikasi.
  4. Pilih opsi kendaraan yang terdaftar atas nama Anda sendiri.
  5. Isilah kolom “Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB)” dan masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan.

Bagi kendaraan yang dimiliki oleh orang lain, langkah-langkahnya sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftarkan kendaraan milik orang lain melalui aplikasi SIGNAL:

  1. Buka aplikasi SIGNAL dan pilih opsi “Tambah Data Kendaraan Bermotor”.
  2. Klik ikon tambah untuk menambahkan dokumen data kendaraan digital.
  3. Isi kolom pemilik kendaraan dengan nama pemilik kendaraan. Jika kendaraan dimiliki oleh anggota keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga, pilih opsi “Milik Keluarga satu KK”.
  4. Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) ke dalam kolom yang disediakan, serta lima digit terakhir nomor rangka ke dalam kolom Nomor Rangka.
  5. Selanjutnya, masukkan NIK pemilik kendaraan dan unggah foto KTP.
  6. Setelah semua kolom terisi, klik tombol “Lanjut” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Cara Bayar Pajak STNK Online di Aplikasi SIGNAL

Setelah Anda berhasil mendaftarkan kendaraan dalam aplikasi SIGNAL, langkah selanjutnya adalah membayar pajak STNK secara online. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan pembayaran:

  1. Unduh dan buka aplikasi SIGNAL pada perangkat smartphone Anda.
  2. Lakukan proses login dengan menggunakan akun yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  3. Pilih menu “Tambah Data Kendaraan Bermotor” untuk mengakses daftar kendaraan yang telah Anda daftarkan sebelumnya.
  4. Setelah itu, pilih menu pembayaran dan pilih opsi “Generate Kode Bayar”. Pilih salah satu bank yang tersedia untuk melakukan pembayaran.
  5. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar dan lakukan pembayaran sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan. Pastikan Anda mengetahui besaran pajak yang harus dibayarkan agar pembayaran dapat dilakukan dengan tepat.
  6. Simpan buktipembayaran pajak sebagai bukti transaksi yang sah.

Dalam era digital saat ini, kemajuan teknologi telah membawa kemudahan dalam proses administrasi, termasuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Melalui aplikasi SIGNAL, pemilik kendaraan dapat dengan mudah mendaftarkan kendaraan dan membayar pajak STNK secara online.

Dengan langkah-langkah yang terperinci dalam artikel ini, diharapkan dapat membantu Anda dalam memahami dan mengikuti proses tersebut. Jangan lupa untuk secara rutin memenuhi kewajiban pajak kendaraan Anda sebagai warga negara yang baik. Dengan menggunakan aplikasi SIGNAL, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam melaksanakan administrasi pajak kendaraan bermotor.

Pembayaran pajak STNK kendaraan bermotor dapat dilakukan secara online melalui aplikasi SIGNAL. Melalui langkah-langkah yang terperinci, pemilik kendaraan dapat dengan mudah mendaftarkan kendaraan dan membayar pajak secara cepat dan efisien.

Dengan adanya layanan ini, proses administrasi menjadi lebih praktis dan mengurangi kerepotan dalam mengurus pajak kendaraan. Sebagai warga negara yang baik, penting untuk memenuhi kewajiban pajak dengan tepat waktu. Dengan menggunakan aplikasi SIGNAL, Anda dapat melakukan pembayaran pajak STNK kendaraan bermotor dengan mudah dan menghemat waktu serta tenaga. ***

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *