Menu Tutup

Cara Mudah dan Cepat Perpanjang STNK Motor dan Mobil 1 Tahunan

STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan bermotor. STNK berfungsi sebagai bukti sah atas pengoperasian kendaraan di jalan raya. STNK juga berisi informasi tentang identitas pemilik, identitas kendaraan, serta masa berlaku dan pengesahannya.

STNK memiliki masa berlaku yang terbatas, yaitu 5 tahun untuk kendaraan baru dan 1 tahun untuk kendaraan bekas. Setiap tahun, pemilik kendaraan harus melakukan perpanjangan STNK agar tidak kedaluwarsa. Jika STNK kedaluwarsa, maka pemilik kendaraan akan dikenakan sanksi administratif berupa denda atau tilang.

Perpanjangan STNK bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat sesuai dengan domisili kendaraan. Namun, banyak orang yang merasa kesulitan atau malas untuk melakukan perpanjangan STNK karena harus mengantre lama, membayar biaya yang cukup besar, atau mengurus berbagai persyaratan yang rumit.

Padahal, perpanjangan STNK sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, asalkan Anda mengetahui cara dan syaratnya. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara dan syarat perpanjang STNK motor dan mobil 1 tahunan yang bisa Anda ikuti.

Syarat Perpanjang STNK 1 Tahunan

Sebelum Anda melakukan perpanjangan STNK, Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • KTP asli dan fotokopi yang sesuai dengan nama pemilik pada STNK atau BPKB kendaraan.
  • STNK asli dan fotokopi yang akan diperpanjang.
  • BPKB asli dan fotokopi yang sesuai dengan STNK yang akan diperpanjang.
  • Surat kuasa jika Anda diwakilkan oleh orang lain untuk melakukan perpanjangan STNK.
  • Untuk kendaraan milik perusahaan, Anda juga harus membawa fotokopi domisili perusahaan, NPWP perusahaan, SIUP perusahaan, dan TDP perusahaan.

Cara Perpanjang STNK 1 Tahunan

Setelah Anda mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, Anda bisa melakukan perpanjangan STNK dengan cara sebagai berikut:

  • Datangi kantor Samsat terdekat sesuai dengan domisili kendaraan Anda. Anda bisa mengecek alamat dan jam operasional kantor Samsat di situs resmi Direktorat Lalu Lintas Polda.
  • Isi formulir perpanjangan STNK yang tersedia di loket. Anda harus mengisi informasi tentang nomor polisi, nomor rangka, nomor mesin, nama pemilik, alamat, dan lain-lain dengan benar dan lengkap.
  • Serahkan formulir dan dokumen-dokumen yang sudah Anda siapkan ke loket pendaftaran. Petugas akan mengecek kelengkapan dan keabsahan dokumen Anda. Jika tidak ada masalah, petugas akan memberikan lembar tagihan yang berisi jumlah pajak dan biaya administrasi yang harus Anda bayar.
  • Bayar tagihan tersebut di loket pembayaran. Anda bisa membayar dengan tunai, kartu debit, atau kartu kredit. Pastikan Anda mendapatkan kembalian dan bukti pembayaran yang benar.
  • Ambil STNK yang sudah diperpanjang dan SKPD yang baru di loket pengambilan. Periksa kembali apakah data dan masa berlaku STNK sudah sesuai. Jika ada kesalahan, segera laporkan ke petugas.

Biaya Perpanjang STNK 1 Tahunan

Biaya perpanjang STNK 1 tahunan terdiri dari dua komponen, yaitu pajak kendaraan bermotor (PKB) dan biaya administrasi. PKB adalah pajak yang dibebankan kepada pemilik kendaraan bermotor berdasarkan nilai jual kendaraan. Biaya administrasi adalah biaya yang dikenakan untuk pengurusan dokumen dan pelayanan.

Besaran PKB dan biaya administrasi berbeda-beda tergantung pada jenis, merk, model, tahun, dan daerah kendaraan. Anda bisa mengecek besaran PKB dan biaya administrasi di situs resmi Direktorat Jenderal Pajak atau Direktorat Lalu Lintas Polda.

Secara umum, biaya perpanjang STNK 1 tahunan untuk motor berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000, sedangkan untuk mobil berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000. Biaya ini belum termasuk denda jika Anda terlambat melakukan perpanjangan STNK. Denda perpanjangan STNK adalah 25% dari PKB per bulan.

Tips Perpanjang STNK 1 Tahunan

Agar Anda bisa melakukan perpanjangan STNK 1 tahunan dengan lancar dan hemat, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  • Lakukan perpanjangan STNK sebelum masa berlaku habis. Anda bisa mengecek masa berlaku STNK di lembar STNK atau di situs resmi Direktorat Lalu Lintas Polda. Jika Anda terlambat, Anda harus membayar denda yang cukup besar.
  • Manfaatkan layanan online atau mobile untuk perpanjangan STNK. Beberapa daerah sudah menyediakan layanan online atau mobile untuk perpanjangan STNK, seperti Samsat Online, Samsat Corner, Samsat Drive Thru, [Samsat Keliling], atau [Samsat Delivery]. Layanan ini bisa memudahkan Anda untuk melakukan perpanjangan STNK tanpa harus datang ke kantor Samsat. Anda hanya perlu mengisi data, mengunggah dokumen, membayar tagihan, dan menunggu STNK dikirim ke alamat Anda.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar. Pastikan Anda membawa dokumen-dokumen asli dan fotokopi yang sesuai dengan syarat perpanjangan STNK. Jika Anda diwakilkan oleh orang lain, pastikan Anda memberikan surat kuasa yang resmi dan jelas. Jika Anda mengurus kendaraan milik perusahaan, pastikan Anda membawa dokumen-dokumen perusahaan yang lengkap dan sah.
  • Datang ke kantor Samsat pada hari dan jam yang tepat. Hindari datang ke kantor Samsat pada hari dan jam yang ramai, seperti akhir pekan, akhir bulan, atau akhir tahun. Datanglah pada hari dan jam yang sepi, seperti awal pekan, awal bulan, atau awal tahun. Anda juga bisa mengecek antrian kantor Samsat di situs resmi Direktorat Lalu Lintas Polda atau aplikasi [Samsat Antrian].
  • Periksa kembali STNK yang sudah diperpanjang. Setelah Anda mendapatkan STNK yang sudah diperpanjang, periksa kembali apakah data dan masa berlaku STNK sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika ada kesalahan, segera laporkan ke petugas dan minta perbaikan. Jangan lupa untuk menyimpan STNK yang sudah diperpanjang di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

Demikianlah artikel tentang cara mudah dan cepat perpanjang STNK motor dan mobil 1 tahunan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk melakukan perpanjangan STNK dengan lancar dan hemat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

Bagikan yuk!
Posted in Info

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *