Menu Tutup

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen – Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, dan mengontrol sumber daya (manusia, keuangan, waktu, material, dan informasi) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dalam konteks bisnis, manajemen melibatkan pengelolaan berbagai aspek dalam bisnis, seperti operasi, keuangan, sumber daya manusia, dan pemasaran, untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.

Manajemen memainkan peran penting dalam keberhasilan suatu organisasi atau bisnis. Manajer bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengarahkan tindakan organisasi, mengorganisir sumber daya, dan memonitor kinerja organisasi. Mereka juga harus memastikan bahwa sumber daya yang tersedia digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi atau bisnis.

Beberapa fungsi utama manajemen meliputi:

  • Perencanaan: menetapkan tujuan dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengorganisasian: membangun struktur organisasi yang efektif dan menentukan tugas dan tanggung jawab dari setiap anggota tim.
  • Pengarahan: memotivasi karyawan dan memimpin mereka untuk mencapai tujuan organisasi atau bisnis.
  • Pengendalian: memantau kinerja organisasi dan memastikan bahwa sumber daya digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

Dalam pengelolaan bisnis, manajemen melibatkan pengambilan keputusan strategis, pengembangan produk dan layanan, manajemen keuangan, pemasaran, pengelolaan risiko, dan lain-lain. Manajemen yang baik dapat membantu bisnis mencapai keberhasilan jangka panjang, memaksimalkan profitabilitas, dan menciptakan nilai bagi pemangku kepentingan bisnis.

Manajemen berasal dari bahasa inggris yakni “manage” yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Secara etimologis manajemen adalah seni melaksanakan dan mengatur.

Manajemen juga dipandang sebagai ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melakukan manajemen disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa definisi dan pandangan tentang manajemen dari para ahli:

  1. Henry Fayol: “Manajemen adalah fungsi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, pengarahan, dan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan organisasi.”
  2. Peter Drucker: “Manajemen adalah tindakan mengatur dan mengarahkan orang dalam organisasi dan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.”
  3. Mary Parker Follett: “Manajemen adalah seni membuat orang bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang sama dengan cara yang tepat.”
  4. Chester I. Barnard: “Manajemen adalah proses sosial yang melibatkan penggunaan kekuasaan yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi.”
  5. Koontz dan O’Donnell: “Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya organisasi yang termasuk orang, uang, dan barang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.”
  6. James A.F. Stoner, R. Edward Freeman, dan Daniel R. Gilbert Jr: “Manajemen adalah penggunaan sumber daya manusia dan fisik untuk mencapai tujuan organisasi melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.”
  7. Wilson Bangun: Manajemen adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.
  8. George R. Terry: Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata.
  9. Encylopedia of the Social Science: Manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
  10. Encylopedia of the Social Science: Manajemen adalah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
  11. Mary Parker Follet: Manajemen adalah sebuah seni atau management is an art). Setiap pekerjaan mampu diselesaikan oleh orang lain.
  12. James A.F Stoner: Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
  13. Lawrence A. Appley: Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
  14. Koontz: Manajemen adalah seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Course