Menu Tutup

Membuat Blog, Pilih Blogger atau WordPress

Membuat Blog, Pilih Blogger atau Wordpress

Membuat blog, pilih Blogger atau WordPress? Pertanyaan tersebut mungkin muncul ketika Anda akan membuat sebuah blog.

Kenapa hanya dua pilihan? Jawabannya adalah karena dua layanan tersebut yang paling populer sampai saat ini.

Blogger

Blogger merupakan layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google sejak tahun 2003.

Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com atau blogspot.co.id untuk di Indonesia.

Pada awalnya, Blogger mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui file transfer protocol (FTP) hingga 1 Mei 2010.

Namun setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL. (sumber: id.wikipedia.org).

Pada tahun 2010, Blogger memperkenalkan template baru dan melakukan desain ulang situsnya. Pada tahun 2013, Blogger mengupdate fitur-fiturnya, salah satunya fitur komentar dan integrasi pada google+.

Blogger juga memiliki fitur mobile template, dengan fitur ini kita bisa mendesign atau memilih design yang telah disediakan sehingga pengguna dapat melihat blog pada Handphone atau Gadget pengunjung dengan design yang tersesuaikan (responsive).

WordPress

WordPress yang saya maksud di sini adalah wordpress.com.
WordPress.com adalah situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic.

Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, Anda tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang rumit.

Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.

Dengan kata lain, pengguna tidak dapat menambahkan asesori apa pun selain yang sudah disediakan.

Meski demikian, fitur yang disediakan oleh WordPress.com sudah cukup bagus.

Pada WordPress.com, Anda tidak bisa melakukan custom url atau custom domain seperti layaknya pada Blogger.

Jika Anda ingin menggunakan alamat url menggunakan domain pribadi, Anda harus membeli layanan hosting sendiri, yang kemudian Anda instal CMS WordPress.

Selengkapnya tentang WordPress, bisa Anda lihat di Wikipedia.

Kesimpulan, Pilih Blogger atau WordPress

Pemilihan antara Blogger dan WordPress tergantung pada kebutuhan dan preferensi pribadi Anda. Berikut adalah beberapa pertimbangan untuk membantu Anda membuat keputusan:

Blogger:

  1. Gratis: Blogger adalah platform blog gratis yang dimiliki oleh Google. Anda tidak perlu membayar untuk menggunakan layanan ini.
  2. Integrasi Google: Blogger memiliki integrasi yang mudah dengan layanan Google lainnya seperti Google AdSense, Google Analytics, dan Google Drive.
  3. Antarmuka Sederhana: Blogger menawarkan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, terutama bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman teknis yang mendalam.
  4. Hosting: Blogger secara otomatis menyimpan blog Anda di server Google, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang hosting sendiri.

WordPress:

  1. Fleksibilitas dan Fungsionalitas: WordPress menyediakan banyak tema dan plugin yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan dan fungsionalitas blog sesuai keinginan Anda. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menciptakan situs yang unik dan dapat disesuaikan.
  2. Komunitas Besar: WordPress memiliki komunitas yang besar dan aktif, yang berarti ada banyak sumber daya, tutorial, dan dukungan yang tersedia jika Anda membutuhkannya.
  3. Self-Hosting: Dengan WordPress, Anda memiliki opsi untuk melakukan hosting sendiri, yang memberi Anda kontrol penuh atas situs Anda dan data Anda. Namun, ini juga berarti Anda perlu memikirkan masalah seperti keamanan, pembaruan, dan pengelolaan server.

Jadi, jika Anda mencari platform blog yang mudah digunakan, gratis, dan terintegrasi dengan layanan Google, Blogger bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika Anda menginginkan fleksibilitas lebih besar, banyak fitur tambahan, dan kontrol penuh atas situs Anda, WordPress bisa menjadi opsi yang lebih baik.

Layanan Blog Lainnya

Di luar yang sudah kita bahas di atas, ada beberapa layanan blog yang bisa Anda gunakan. Berikut adalah beberapa contoh layanan blog populer selain Blogspot dan WordPress:

  1. Tumblr: Tumblr adalah platform blog dan jejaring sosial yang populer, terutama di kalangan pengguna muda. Ini menawarkan antarmuka yang intuitif dan fleksibilitas dalam memposting berbagai jenis konten, termasuk teks, gambar, audio, dan video.
  2. Medium: Medium adalah platform blog yang lebih fokus pada konten tulisan dan jurnalisme. Ini menawarkan lingkungan yang bersih dan minimalis untuk menulis dan membaca artikel, dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dengan komunitas penulis yang lebih luas.
  3. Ghost: Ghost adalah platform blog open-source yang menawarkan solusi yang lebih sederhana dan terfokus pada penulisan. Ini dirancang khusus untuk blog dan tidak memiliki banyak fitur tambahan yang bisa membingungkan.
  4. Wix: Wix adalah platform pembuatan situs web yang juga menyediakan fitur blog. Ini menawarkan antarmuka drag-and-drop yang mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat membuat dan mengelola blog mereka.
  5. Squarespace: Squarespace adalah platform pembuatan situs web yang populer, tetapi juga memiliki fitur blog yang kuat. Ini menawarkan berbagai template yang elegan dan responsif, serta fitur-fitur seperti analitik, integrasi media sosial, dan SEO.

Baca juga:

Bagikan yuk!
Posted in Info